Panduan Belajar E-lektronik

KAJIAN DAN ANALISA TREND TERBARU DAN KARAKTERISTIK SE

KAJIAN DAN ANALISA TREND TERBARU DAN KARAKTERISTIK SE

Mulai awal tahun 1960-an ketika era komputer dimulai, Software telah menjadi salah satu bagian penting dalam teknologi informasi dan digunakan di semua disiplin ilmu teknologi informasi.

Berbeda dengan hardware, software tidak mengacu pada bentuk fisik yang memiliki spesifikasi seperti ukuran, berat, bahan dan lain-lain. Hardware kom­puter salah satu manfaatnya dapat mengurangi biaya pengolahan dan penyimpanan data. Seperti hardisk mampu menggantikan fungsi lemari arsip sehingga lebih efisien dalam tempat karena tidak butuh space yang luas dan biaya yang lebih murah.

Selama dekade tahun 1980-an, kemajuan yang pesat dari mikro elektronik menghasilkan kemampuan komputer yang lebih baik pada tingkat biaya yang lebih rendah. Namun masalah sekarang berbeda, tantangan utama adalah mengurangi biaya dan memperbaiki kualitas solusi berbasis komputer (Solusi yang diimplementasikan dengan mempergunakan software). Software merupakan faktor kunci dalam keberhasilan suatu usaha, software dapat membedakan satu perusahaan dari per­usahan saingannya.

Software mengalami perkembangan yang pesat dan usang setelah periode tertentu, Software memerlukan review secara berkala untuk mengetahui perubahan yang dinamis  terhadap kebutuhan pasar. Sejak pertama kali software diperkenalkan sekitar tahun 60-an telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, dan total berbeda disemua spesifikasi seperti struktur program, arsitektur dan Line Of Code (LoC). Kini lebih pendek, mudah dan tampilan grafis yang menarik sehingga lebih efisien dibandingkan dengan versi lamanya. Berikut disajian evolusi perkembangan software:

Era pertama lebih mengacu pada Batch Orientation, pada suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atau proses dilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.

Karakteristik kedua adalah Limmited distribution, yaitu suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan-perusahaan tertentu. Custom software adalah karakteriktik yang ketiga dari era yang pertama dimana software yang dikembangkan berdaasarkan perusahaan-perusahaan tertentu.

Beberapa karakteristik era kedua adalah Multi user, suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama. Real Time, suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili second. Database, Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (DataBase Management System). Product Software, adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.

Sekitar tahun 70-an akhir sampai dengan awal tahun 90-an muncul era ketiga yang ditandai  Distributed System, yaitu suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host computer), daerah atau bidang lain­nya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System. Embedded Intelegence, yaitu suatu product yang diberi tambahan “Intellegence” dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutak­hir. Contohnya adalah automobil, robot, peralatan diagnostic serum darah. Low Cost Hardware harga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer. Consummer Inpact Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, soft­ware ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat.

Era keempat ditandai dengan Expert system, yaitu suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll. AI Machine diamana suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur. Dan ciri era keempat yang lain adalah Parallel Architecture, arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer.

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan seoftware juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, ditandai dengan munculnya generasi bahasa pemrograman. Generasi pertama adalah Bahasa Mesin karena komputer pada masa itu masih digunakan oleh kalangan tertentu sehingga bahasa mesin hanya dapat dipahami oleh orang tertentu yang mengerti mesin tersebut. Berikutnya muncul bahasa generasi yang kedua bahasa Assembler. Bahasa Assembly (Assembler) adalah merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman yang tergolong dalam Bahasa Pemrogaman Tingkat Rendah (Low Level Language) dan hanya setingkat diatas bahasa mesin (Machine Language).

Genrasi yang ketiga muncul bahasa tingkat tinggi (high level language). Bahasa ini sudah lebih komuniatif dan mendekati bahasa komunikasi manusia misalnya manampilan kalimat dalam Pascal write/writeln, dalam Basic print dalam bahasa C dengan perintah cout. Bahasa generasi ketiga ini berbasis textmode karena pada saat itu sistem operasi yang berkembang adalah DOS. Seiring berkembangnya sistem operasi, windows yang berbasis GUI (Graphical User Interface) generasi bahasa pemrograman pun berkembang menjadi generasi yang ke-empat yaitu bahasa Pemrograman Visual yang menekankan pada pemakaian ulang objek dan tampilan yang berbasis grafis. Sehingga membuat program menjadi lebih mudah karena berorientasi pada objek, lebih menarik karena menekankan pada visual/grafis. Generasi yang kelima ada Artificial Intelligence (AI) yang merupakan suatu program komputer cerdas yang menggunakan knowledge (pengetahuan) dan prosedur inferensi untuk menyelesaikan suatu masalah.

Salah satu cabang Artificial Intelligence adalah sistem pakar, yaitu sistem komputer yang menyamai (emulates) kemampuan pengambilan keputusan dari seorang pakar. Istilah emulates berarti bahwa sistem pakar diharapkan dapat bekerja dalam semua hal seperti seorang pakar. Seorang pakar adalah orang yang mempunyai keahlian dalam bidang tertentu, yaitu pakar yang mempunyai knowledge atau kemampuan khusus yang orang lain tidak mengetahui atau mampu dalam bidang yang dimilikinya. Beberapa keuntungan system pakar adalah menghimpun data dalam jumlah yang sangat besar, menyimpan ddata untuk jangka waktu yang panjang dalam suatu bentuk tertentu dan mampu mengerjakan perhitungan secara cepat dan tepat tanpa jemu mencari kembali data yang tersimpan dengan kecepatan tinggi.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tren perkembangan software terkini adalah kearah pemanfaatan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), yang menjadikan pengetahuan lebih mudah didapat sehingga mampu meningkatkan output dan produktivitas. Memiliki kemampuan dan keahlian seperti pakar, sehingga software dapat menjadi panduan yang intelligence (cerdas). Memberikan kemudahan dalam pengoperasian dan menghasilkan output yang menarik.

Referensi :

  1. Software Engineering Principles and Practice, Waman S Jawadekar, Tata McGraw-Hill 2004
  2. Muhammad Arhami, Penerbit Andi Yogyakarta, 2005
  3. Rekayasa Sistem Berorientasi Objek, Bambang Hariyanto Ir, MT, Penerbit Informatika Bandung, 2004
  4. Internet

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: